Tuesday 31 July 2018

REVIEW CHAPTER : INTERACTIVE STORIES GAME SIMULASI ANDROID

Posted by mayaaa1894 at 22:26
Hai hai... pasti banyak dari kalian yg suka baca dong??  Mau baca novel, baca komik,  atau baca apapun itu.  Gue sendiri suka banget baca novel dan komik yg romantis-romantis,  secara guna menghidupkan kembali hati gue yg kemarau akan romansa hehe

Nah, sebagai pecinta keromantisan,  gue mau review salah satu game simulasi di android yaitu Chapter. Chapter ini adalah salah satu game simulasi Crazy Maple Studio Dev. Chapter sendiri adalah sebuah game cerita interaktif yg akan membuatmu mendapatkan pengalaman unik dan menyenangkan dengan memilih jalan cerita yg kamu inginkan sendiri. Buat yg suka baca novel atau cerpen asik nih, jadi berasa kita baca novel atau cerpen dengan jalan cerita yg bisa kita pilih sendiri. Mana ada visualisasinya lagi,  mantap bats!!


Chapter punya banyak genre cerita, mulai dari drama,  romance, fantasy,  sci-fi , sampe misteri pun ada. Tapi yg pasti kalo mau main game ini harus bijak ya, dan cukup umur.  Soalnya banyak cerita yg ada adegan hwoot nya aduuuh, cerita young adult nya banyak bangeettt!!! 

Informasi aplikasi
Nama                         : Chapters : Interactive Stories
Developer                  : Crazy Maple Studio Dev
Tanggal Rilis             : 17 september 2017
Ukuran file                : 98 MB
Download                  : 1.000.000+
Review Google Play : 4,5/5,0
Rating                       : 16+
Bahasa                      : English

Sebagai catatan,  gue menginstall aplikasi ini di hengpon gue yg zadul bats yaitu Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL

Sory terlalu panjang intronya.  Yuk kita mulai ngintip gimana aplikasinya. 

Tampilan pertama pas buka aplikasi,  ada logo Crazy Maple. Loading nggak terlalu lama sih,  cepet lah lumayan.  Cuma pastikan aja jaringan internet kamu cukup Bagus ya. 

Kemudian loading lagi dengan logo Chapters buat ngecek update-an story atau books terbaru, poster chapter terbaru biasanya muncul disini. 


Nah masuk deh ke halaman utama chapter. Yuhuuu udah keliatan kaaaan poster-poster ceritanya??  Seruu seruuu kan kelihatannya??  Hehehe


Home Chapter

Halaman utama ini menurut gue cukup friendly dan user interface yaa,  gampang gitu buat ngoperasiinnya. Di jendela paling atas ada logo chapter,  dimana itu isinya announcement buat yg mau apply story ke Chapter,  boleh tuh menghubungi kontak disana. Terus ada gambar tiket,  yg kita pake buat baca books. Jadi tiap kita mau lanjut baca chapter selanjutnya tuh harus pake tiket guys. Tiketnya bakalan otomatis terisi kembali setiap setengah jam sekali. Lumayan cepet lah. Pertama kali buka aplikasi kita bakalan dapet 5 tiket gratis,  selanjutnya maksimal tiket yg bisa di dapet adalah 2 tiket. Kemudian ada ikon diamond. Diamond itu bisa digunain buat milih item-item premium atau opsi-opsi premium seperti pakaian yg lebih bagus, atau jawaban yg lebih bagus. Tiap kita selesai baca chapter,  kita bakalan dapet satu buah diamond. Terakhir di ujung paling kanan atas layar ada ikon option,  dimana kita bisa mengatur music, sound,  terms,  privacy,  dan help.

Bawahnya ada daftar books paling populer ,  atau yg paling baru.  Bisa tuh kita pilih salah satu.  Di bawahnya books populer ada My Book,  dimana progress cerita yg kita baca ngumpul.



Dibagian bawah halaman utama, di pojok kana bawah ada ikon member kita. Aku sarankan sih kalian sign in di chapter. Bisa pake akun google atau facebook. Keuntungannya sih biar bisa save progress bacaan kita,  jadi kalopun kita uninstall aplikasi ini,  jika suatu saat nanti kita install lagi progress bacaan kita masih ada,  jadi nggak perlu ngulang baca dari awal lagi.


Di tab member ini ada keterangan tentang membership kita,  jumlah buku yg kita baca,  jumlah chapter yg kita baca, jumlah comment yg kita posting, Cardbook dan Achievment. Cardbook adalah tiga kartu yg kita pilih dari semua kartu yg kita dapatkan saat memilih opsi premium yg menggunakan diamond. Achievement adalah penghargaan yg kita dapatkan selama memainkan chapters. Setiap mencapai satu achievement, kita akan mendapatkan diamond dengan jumlah berbeda sesuai kategory achievement itu sendiri.



Nah kita coba buka satu chapter yuk! Disini gue mau coba buka chapter 1 Prince with Benefit.  Klik aja play.  Oya dibawah play ada ikon clip kertas di sebelah kiri,  klik aja kalo kamu mau bikin books ini sebagai fav kamu. Satu lagi di sebelah kanan ada ikon panah melingkar,  kalo kita klik ada dua opsi,  reset book kalo kita mau mereset ulang books yg kita baca supaya kembali ke awal,  sama reset chapter dimana kita bisa mengulang kembali chapter yg udah kita mainkan. Reset chapter ini seharga satu tiket ya. Oke kita klik play aja.
Kebayang kan lu kalo buka pintu ada Prince yg datang sambil bawa bunga :D
Tampilan poster books akan muncul sembari kita menunggu loading, pastikan jaringan internet kamu bagus biar nggak lama loadingnya.

Sepatah dua patah kata dari sang penulis
Terus akan ada sambutan dari penulis books yg kita baca,
Tampilan set name,  masukin nama avatar.
Cantik-cantik ya avatarnya, dipilih-dipilih

Pilih tampilan avatar kita,

Pilih baju yg dipakai avatar kita. kalo udah pilih Let's Go, kalo mau di rubah lagi bisa pilih Not Quit Right. Pilih Let's Go aja ya.

Cerita di mulai. Oh ya kalo kita tap layar paling atas akan muncul dua ikon,  ikon home di paling kiri kalo kita mau kembali ke home,  dan setting di paling kanan kalo mau ngatur sound dll.


Kita butuh diamond untuk memilih opsi premium seperti ini. Setiap opsi punya nilai diamond berbeda sih, cuma bisanaya antara 12, 20, 25, sama 30 diamond. Pastikan jumlah diamond lo mencukupi ya.



Kalo chapternya udah selesai kita bakalan dapet satu diamond yeaay!!

Untuk daftar kategori Books di Chapter Interactive Story ini kita bahas di Part 2 ya!!

Oh iya, yg membedakan Chapters sama game sejenis adalah, di Chapter kita bisa posting comment yeeee!!!  Jadi kita bisa ngasih komentar ke books yg lagi kita baca,  kita juga bisa baca komentar dari orang lain dari seluruh dunia!!  Asyik kan??

Nah setelah gue memainkan Chapter selama kurang lebih setahun ini,  gue bisa menyimpulkan pros dan cons dari aplikasi ini :

Pros :
+ Loading saat buka apliasi cepat
+ Pilihan cerita dan kategori banyak
+ Update books setiap minggu, updatenya nggak tanggung-tanggung,  satu book biasanya update sampe 5 chapter setiap minggunya, jadi past moving banget. Ada aja books baru setiap minggunya
+ Ada option commentnya
+ Isi ulang diamond cepat,  hanya 30 menit untuk satu diamond
+ User friendly
+ Grafik oke parah,  gambar background bagus-bagus. Smooth banget kelihatannya
+ Avatarnya cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Walau nggak semua sih wkwkw. Ini contoh avatar cowok paling ganteng menurut gue.

Aaaaak Tristaaaan!!!!
Cons :
- Banyak iklan setelah di update,  versi yg dulu nggak segini banyak deh
- Loading saat buka books kadang-kadang lama
- Ngambil ruang cukup banyak di memory hengpon, kadang lebih dari 1 gb. Bayangkan betapa menderitanya hengpon gue yg jadul. Opsinya ya uninstall, terus install ulang lagi.
- Ceritanya kebanyakan menggugah iman para jomblo wkwk
- Bahasa yg digunakan English, belom ada pilihan bahasa yg bisa dipilih. Ini bisa jadi pros juga sih, tergantung cara pandang kita. Emang rada bikin kita mikir sih buat ngerti gimana jalan ceritanya karena beda bahasa sama kita. Disisi lain, bisa banget buat belajar English, bikin kita tau banyak kosa kata baru.

Nah segitu dulu mungkin review gue buat aplikasi ini. Overall gue kasih rating 8/10. Recomended buat yg suka baca buku buat ngabisin waktu. Irit kuota juga daripada streaming youtube ya nggak??  Wkwkwk

Oh ya sekedar perhatian,  aplikasi ini punya rating usia 16+ ke atas,  karena konten dalam aplikasi ini banyak mengandung konten seksual dan kekerasan.  Seks bebas dan pergaulan sesama jenis sangat tabu di negara kita,  khususnya diharamkan dalam agama gue. Kepercayaan tentang setan, iblis dan neraka juga sangat banyak dalam books di aplikasi ini. Jadi mohon gunakan aplikasi ini dengan bijak. Gunakan hanya untuk hiburan semata.

Segitu dulu dari , kalo ada yg pernah atau lagi main game ini boleh comment di bawah. Kalo ada request game yg mau direview juga boleh ditulis di komen.

Tengkyuu everyone :*

0 comments:

Post a Comment

 

Manga Shoujo Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review